UPDATE TERBARU KEMAREN TEMEN ABIS TURUN MESIN JUGA (6 AGUSTUS 2016) SEKITAR RP. 498.000 SPAREPARTNYA YANG DI GANTI KURANG LEBIH SAMA
1.Piston ato yang gw biasa bilang seher udah
oblak terhadap dinding silinder,hal ini disebabkan oleh silinder yang sudah
aus. Akibatnya cengkeraman ring oli menjadi kurang, sehingga oli tidak bisa
dibesut sampai bersih dari dinding silinder. Piston yang aus juga bisa
mengakibatkan kebocoran oli.
2.Ring oli yang aus juga menjadi penyebab
utama motor mengeluarkan asap putih. Tugas ring oli adalah memberikan pelumasan
kepada dinding silinder. Salah satu Akibat dari ring olie yang aus adalah tidak
mampu menahan olie agar tidak merembet kedalam ruang silinder.
3.Sil klep ato yang bahasa bulenya seal valve
(mangap om kalo salah ) yang sudah mengeras, sobek juga bisa mengakibatkan oli
bocor kedalam ruang bakar. Sil klep yang sudah mengeras akan menyebabkan batang
klep menjadi longgar, sehingga menjadi jalan bagi olie untuk masuk kedalam
ruang bakar.
4.Paking antara blok dan kop silinder yang
tidak terpasang dengan baik juga bisa mengakibatkan oli bocor kedalam ruang
bakar. kecil kemungkinannya, namun bisa saja terjadi kepada mesin motor anda.
Nah dari semua yang gw temuin diatas hasil dari penelitian (
maksudnya brosing2 di gugel dan nanya sana sini) yang pertama gw siapin adalah
mental, iya betul sekali MENTAL, karena pasti tuh si blek jajannya bakal nguras
duit gw. Akhirnya pas abis gajian, kalo gak salah tanggal 29 November 2014 gw
bawalah si blek alias montor tiger revo gw ke bengkel langganan yang biasanya
ngurusin si blek kalo serpis serpis, bengkelnya ada di kecamatan cikupa,
tepatnya di desa kadu sabrang. Nama bengkelnya SAUDARA JAYA MOTOR gak terlalu
gede sih, cuma serpisnya itu loh, beuuuhh mantabbbb!!! Setelah di jajal dan di
raba – raba sama om arno (bosnya bengkel yang ganteng) akhirnya di putuskan
untuk di bongkar lah mesin si blek buat di liat dalemannya
Dan setelah di bongkar itu seher aka piston kondisinya
sangat amat memprihatinkan, kalo kata cabe-cabean gak ada ganteng-gantengnya
hahahaha.. nih gambar buat seher yang serem itu
Ngeri kan, hiiiiii ampe di buat sarang ama oli begitu tuh
seher :D, setelah di korter dan di ganti seher yang baru di oversize 25 akhirnya si blek udah
mendingan lagi, gak keluar asap putih lagi dari knalpot dan yang pasti udah
bisa nemenin lagi ke kantor, nah buat masbro masbro semua yang mau tau berapa
biayanya ane kasih bonnya dah nihhhhhh……
Nah tapi jangan lupa ya setelah di pakai sekitar 300 KM
harus di ganti lagi olinya, biar ampas ampas logam hasil gesekan antara dinding
ama seher bersih dari mesin, begitu sih kata om montirnya hehehehehee,semoga postingan enih bisa membantu masbro masbro dan om bro tentang biaya untuk operasi montornya jikalau ada masalah kayak gw,
tengkyuuuuu
tengkyuuuuu